PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. CITRA PARAMA ARTA

  • Rasty Yulia Akademi Perpajakan Tridarma

Abstract

Perilaku manusia yang beranekaragam karakteristik dan perilakunya menjadikan pengelolaan sumber daya manusia tidak berjalan dengan mudah. Masalah sumber daya manusia menjadi tantangan bagi manajemen, Karena keberhasilan  perusahaan tergantung  dari  kualitas  sumber daya  manusia  yang dimiliki atau dipekerjakan. Fenomena yang terjadi pada CV. Citra Parama Arta adalah kinerja yang di hasilkan belum dapat mencapai target laba yang ditetapkan dalam rapat anggota tahunan yaitu peningkatan sebesar 30% dari pencapaian tahun sebelumnya. Permasalahan yang dikaji dari penelitian ini adalah bagaimana gambaran  Budaya  Organisasi, Lingkungan  Kerja  dan  Kinerja Kayawan pada CV. Citra Parama Arta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja CV. Citra Parama Arta, baik secara simultan ataupun parsial. Data dari penelitian ini adalah seluruh karyawan pada CV. Citra Parama Arta yang berjumlah 47 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik populasi studi sensus, sehingga seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang di gunakan adalah metode kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS 16. Hasil dari analisis regresi data menunjukkan persamaan sebagai berikut Y = 8,939 + 0, 421X + 0, 642X2. Secara parsial variabel Budaya Organisasi memberikan kontribusi sebesar 20.5 %, dan besarnya pengaruh lingkungan kerja sebesar 30.1%.  Secara   simultan varabel bebas (Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja) berpengaruh terhadap variabel terikat (Kinerja karyawan CV. Citra Parama Arta)  sebasar  60,09%  sedangkan sisanya  sebasar 39.91% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak diteliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh secara parsial dan simultan dari Budaya Organisasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan CV. Citra Parama Arta. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah pada indikator pengawasan, CV. Citra Parama Arta hendaknya membentuk tim khusus agar pengawasan dapat dilakukan lebih maksimal, dan dalam hal suasana kerja manajemen CV. Citra Parama Arta hendaknya melakukan rotasi antar karyawan secara berkala. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lain seperti variabel kepemimpinan.

How to Cite
YULIA, Rasty. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN CV. CITRA PARAMA ARTA. Jurnal Gema, [S.l.], v. 9, n. 1 Februari, p. 1361-1376, feb. 2019. ISSN 2775-636X. Available at: <https://www.ojs.stieprasetiyamandiri.ac.id/index.php/gem/article/view/233>. Date accessed: 20 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.