Nani Soetarmiyati PENGARUH KOMPETENSI KERJA, RESPONSIF KERJA, DAN COURTESY KERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RESERVASI PADA ASTON LAMPUNG CITY HOTEL

  • ojs junaedi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi,
responsif dan courtesy terhadap kualitas pelayanan reservasi pada Aston Lampung
City Hotel. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 orang responden yang
merupakan populasi guest pada Aston Lampung City Hotel. Metode pengumpulan
data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner dan wawancara
kepada para guest Aston Lampung City Hotel. Sedangkan analisis yang digunakan
untuk mengetahui pengaruh variabel bebas kompetensi (X1), responsif (X2) dan
courtesy (X3) terhadap variabel terikat (Y) yaitu kualitas pelayanan adalah analisis
regresi linear berganda, dengan program SPSS 18. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 karena uji dua sisi maka 2,5%
dan N = 150 diperoleh t tabel sebesar = 1,97635. Sedangkan t hitung untuk kompetensi
dilihat dari output olah data adalah 2,023 (t hitung > t tabel) maka berdasarkan uji t ini
disimpulkan kompetensi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Kemudian
pengujian terhadap responsif, menunjukkan t hitung sebesar 6,543. Demikian juga
pengujian terhadap courtesy, menunjukkan t hitung sebesar 2,030 (t hitung > t tabel)
maka disimpulkan responsif dan courtesy berpengaruh terhadap kualitas pelayanan
pada Aston Lampung City Hotel. Dengan uji F Tingkat signifikansi menggunakan
0,05 (“ = 5%) maka diperoleh F tabel sebesar 2,67. Sedangkan berdasarkan output
olah data diperoleh F hitung sebesar 71,387, karena F hitung > dari F tabel maka
dapat disimpulkan bahwa secara bersama ada pengaruh signifikan antara variabel
bebas (kompetensi, responsif dan courtesy) terhadap variabel terikat (kualitas
pelayanan) pada Aston Lampung City Hotel.

How to Cite
JUNAEDI, ojs. Nani Soetarmiyati PENGARUH KOMPETENSI KERJA, RESPONSIF KERJA, DAN COURTESY KERJA KARYAWAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RESERVASI PADA ASTON LAMPUNG CITY HOTEL. Jurnal Ilmiah GEMA EKONOMI, [S.l.], v. 8, n. 2 Agustus, p. 1330-1329, jan. 2019. ISSN 2775-636X. Available at: <https://www.ojs.stieprasetiyamandiri.ac.id/index.php/gem/article/view/216>. Date accessed: 12 oct. 2025.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.