Devi Yulianti PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN SARANA DAN PRASARANA BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap
prestasi belajar; (2) pengaruh sarana prasarana terhadap prestasi belajar; dan (3)
pengaruh lingkungan keluarga dan sarana prasaranasecara bersama-sama terhadap
prestasi belajar siswa kelas XI IPS I Pada Mata pelajaaran Ekonomi. Penelitian ini
merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini
dilaksanakan pada siswa kelas XI IPS I yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengambilan
data menggunakan metode Kuisioner dan Dokumentasi. Uji coba instrumen penelitian
dilakukan dengan teknik analisis Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan
koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis
adalah teknik analisis regresi sederhana dan teknik analisis regresi ganda, yang
sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan
multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif
lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai
koefisien korelasi 0,321; (3) Terdapat pengaruh positif Sarana Prasarana terhadap
prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi 0,531; (3)
Terdapat pengaruh positif lingkungan keluarga, sarana prasarana secara bersamasama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di
SMA N 01 Tulang Bawang Tengah yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi
0,673. Koefisien determinasi (r2 ) sebesar 0,582. Sumbangan efektif lingkungan
keluarga sebesar 4,873% dan sarana prasarana sebesar 51,076%